Tes Kemampuan Akademik (TKA)

Tes Kemampuan Akademik atau yang biasa disingkat menjadi TKA merupakan tes yang mengukur kemampuan berpikir, meliputi kemampuan pemahaman dan penalaran seseorang pada saat ini. Tes ini dikembangkan oleh Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran untuk memprediksi kemampuan belajar seseorang dalam menjalani pendidikan pada jenjang Magister (S2), Profesi, maupun Doktoral (S3) di Perguruan Tinggi.

Pusat Inovasi Psikologi Universitas Padjadjaran merupakan lembaga penyelenggara Tes Kemampuan Akademik yang hasilnya dapat digunakan untuk kebutuhan Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP), maupun untuk kebutuhan lain yang menjadikan Tes Kemampuan Akademik dari Pusat Inovasi Psikologi Universitas Padjadjaran sebagai persyaratan administrasi. Tes Kemampuan Akademik tidak dapat digunakan untuk mengikuti Sertifikasi Dosen. Jika tujuan anda adalah untuk mengikuti Sertifikasi Dosen, silahkan masuk ke Informasi TKDS Sertifikasi Dosen

Mohon untuk membaca seluruh informasi yang tertera pada halaman ini dengan seksama

Untuk Mengikuti Tes Kemampuan Akademik (TKA) Online diperlukan hal-hal sebagai berikut:

  1. Koneksi internet yang stabil selama melakukan pendaftaran maupun selama menjalani proses tes untuk menghindari adanya permasalahan teknis. Mengingat pendaftaran dan tes akan dilakukan di lokasi masing-masing peserta, maka hal-hal yang terkait dengan koneksi internet akan menjadi tanggung jawab peserta sepenuhnya.
  2. Hanya menggunakan perangkat berupa laptop atau desktop dengan sistem operasi Windows (tidak bisa menggunakan sistem operasi IOS / Mac Book) dengan layar berukuran minimal 13 inch dan memiliki fasilitas camera, microphone dan speaker yang berfungsi dan aktif selama proses tes berlangsung. Tidak diperkenankan menggunakan perangkat selain yang telah disebutkan.
  3. Sebelum tes, peserta wajib untuk mengunduh, membaca, serta memahami Petunjuk Pelaksanaan Tes terbaru yang filenya dapat diunduh disini.


Tata Cara Pembuatan Akun:


  1. Klik Login/Daftar pada bagian atas layar Anda.
  2. Klik Daftar Sekarang untuk membuat akun PIP UNPAD Anda.
  3. Silahkan diisi data-data yang dibutuhkan.
  4. Jika sudah dipastikan semua data terisi dengan benar, silahkan klik Daftar.
  5. Dalam pembuatan akun PIP UNPAD Anda harus melakukan validasi email agar dapat dipastikan email yang Anda daftarkan telah sesuai.
  6. Silahkan dicek email Anda dan dicari email dari kami untuk melakukan proses validasi, jika tidak ada di inbox maka dapat Anda cek juga folder spam Anda.
  7. Klik Validasi Email Saya untuk menyelesaikan proses pendaftarannya, perlu kami sampaikan bahwa link validasi ini hanya berlaku sekitar 3 jam. Jika Anda terlambat melakukan validasinya, silahkan Anda dapat menghubungi kami terkait hal tersebut.
  8. Dengan menyelesaikan proses validasi email, maka proses pembuatan akun PIP UNPAD Anda telah selesai dan Anda dapat mendaftarkan diri mengikuti layanan-layanan kami.


Prosedur Pendaftaran:


  1. Login sesuai dengan alamat email dan password pada akun yang telah dibuat.
  2. Persiapkan dokumen softcopy (file) berupa scan KTP dan pas foto dalam format JPEG berukuran maksimal 2MB.
  3. Mengisi data pendaftaran dan meng-upload scan KTP dan Pas Foto berwarna dalam format JPEG.
  4. Setelah berhasil melakukan pendaftaran, silahkan melihat status pendaftaran anda pada laman STATUS PENDAFTARAN serta mengunduh Nomor Tagihan dan Informed Consent pada laman DOWNLOAD.
  5. Lakukan pembayaran dan konfirmasi pembayaran sesuai dengan petunjuk, kemudian lakukan konfirmasi pembayaran dan upload Informed Consent yang telah diisi dan ditandatangani maksimal 1 (satu) hari setelah mendapatkan Nomor Tagihan. Informed Consent harus diĀ¬upload dalam bentuk JPEG.
  6. Jika sudah melakukan Konfirmasi Pembayaran, maka silahkan ditunggu saja prosesnya dan dicek secara berkala email Anda. Jika Anda menerima email dengan Subjek : Gagal Verifikasi Pembayaran TKA berarti ada kendala saat proses verifikasinya, jika tidak menerima email tersebut maka dapat dipastikan aman.
  7. Setelah semua telah terverifikasi, silahkan menunggu email berisi Petunjuk Teknis dan Link Tesnya yang akan kami kirimkan paling lambat 2 (dua) hari sebelum pelaksanaan TKA.
  8. Peserta wajib mengunduh dan membaca Petunjuk Teknis Pelaksanaan Tes dan Tata Tertib Pelaksanaan TKA dengan seksama. Anda dapat mengunduh Petunjuk Teknis Pelaksanaan Tes disini
  9. Peserta hanya dapat mendaftarkan diri dan mengikuti tes sebanyak sebanyak 1 (satu) kali setiap Gelombang (Mengikuti periode/gelombang pendaftaran SMUP).
  10. Peserta yang mendaftarkan dua kali pada gelombang yang sama tidak diperkenankan untuk mengikuti tes kedua dan tidak dapat menarik pembayaran yang telah dilakukan.
  11. Pendaftaran akan ditutup 3 (tiga) hari sebelum tanggal tes dilaksanakan.
  12. Pastikan anda memeriksa kembali jadwal tes anda dan sesuaikan dengan zona waktu tempat anda berada.
  13. Mohon persiapkan diri anda paling lambat 30 menit sebelum waktu tes dimulai. Pastikan anda dapat menunjukkan kartu identitas (KTP atau SIM) yang anda gunakan ketika melakukan pendaftaran.
  14. Peserta hanya dapat mengikuti tes sesuai dengan jadwal yang sudah dipilih pada waktu pendaftaran. Peserta yang tidak mengikuti tes sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan tidak dapat menarik kembali pembayaran yang telah dilakukan.
  15. Info lebih lanjut silahkan email ke alamat : pendaftaran@pipunpad.id dengan subyek email : INFO TKA

  16. DOWNLOAD INFORMASI PENDAFTARAN DAN PELAKSANAAN TES KEMAMPUAN AKADEMIK :


    Panduan Pendaftaran Tes Kemampuan Akademik (TKA)


    Petunjuk Teknis Pelaksanaan Tes Kemampuan Akademik (TKA)


    JADWAL PELAKSANAAN TES KEMAMPUAN AKADEMIK (TKA) ONLINE



    September 2023
    KATEGORI TESTANGGAL PENDAFTARANTANGGAL TES
    SMUP01 September 2023 (pkl 13.00 WIB) s.d 16 September 2023 (pkl 18.00 WIB)Selasa, 19 September 2023 (09.00 WIB - Selesai)
    SMUP01 September 2023 (pkl 13.00 WIB) s.d 23 September 2023 (pkl 18.00 WIB)Selasa, 26 September 2023 (09.00 WIB - Selesai)



    DAFTARKAN DIRI ANDA UNTUK MENGIKUTI TES KEMAMPUAN AKADEMIK (TKA) ONLINE DISINI


    FREQUENTLY ASKED QUESTION (FAQ)

    Apakah Itu Tes Kemampuan Akademik (TKA)?

    Tes Kemampuan Akademik atau yang biasa disingkat menjadi TKA merupakan tes yang mengukur kemampuan berpikir, meliputi kemampuan pemahaman dan penalaran seseorang pada saat ini. Tes ini dikembangkan oleh Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran untuk memprediksi kemampuan belajar seseorang dalam menjalani pendidikan pada jenjang Magister (S2), Profesi, maupun Doktoral (S3) di Perguruan Tinggi.

    Kapan Jadwal Pelaksanaan TKA?

    Informasi jadwal pelaksanaan TKA Anda dapat dilihat pada Laman Pendaftaran bagian Waktu Pelaksanaan ketika Anda mendaftar..

    Kapan Hasil TKA akan didapatkan?

    Hasil TKA Anda dapatkan maksimal 7 (tujuh) hari kerja setelah tanggal pengetesan berlangsung. Hasil dapat dilihat pada laman Unduh/Download pada akun yang anda miliki saat mendaftar sebagai peserta.

    Berapa lama proses pelaksanaan TKA?

    TKA terdiri dari beberapa Subtes. Setiap Subtes memiliki batas waktu pengerjaan masing-masing. Total waktu pelaksanaan Tes Kemampuan Akademik (TKA) ialah 160 (seratus enam puluh) menit, sudah termasuk dengan proses verifikasi awal peserta serta keseluruhan proses pengerjaan tes.

    Berapa lama hasil TKA berlaku?

    Hasil TKA yang didapatkan berlaku selama 2 (dua) tahun terhitung sejak tanggal tes. Jika hasil TKA telah lewat dari masa berlaku yang telah ditentukan, maka tidak dapat dipergunakan kembali untuk tujuan apapun.

    Apakah hasil dari TKA bisa digunakan untuk proses Sertifikasi Dosen?

    Tidak bisa. Hasil TKA hanya dapat digunakan untuk proses pendaftaran SMUP dan mengikuti seleksi yang mempersyaratkan nilai TKA Unpad sebagai persyaratannya. Untuk mengikuti Sertifikasi Dosen, peserta bisa mengikuti Tes Kemampuan Dasar Skolastik (TKDS) yang informasinya ada di https://pip.unpad.ac.id/announcement/TES-KEMAMPUAN-DASAR-SKOLASTIK-TKDS

    Bagaimana jika terjadi kesalahan data diri di sertifikat hasil TKA online (E-Sertifikat)?

    Seluruh data diri peserta TKA yang telah diinput pada saat melakukan pendaftaran sepenuhnya menjadi tanggung jawab peserta. Kami tidak akan melakukan perubahan pada data diri yang telah diinput oleh peserta. Peserta diwajibkan memastikan kebenaran data diri yang telah diinput pada formulir pendaftaran online sebelum pelaksanaan tes.

    Apakah saya dapat mengikuti TKA lebih dari 1 kali? Jika saya sudah pernah mengikuti TKA sebelumnya nilai mana yang akan dipakai?

    Anda hanya dapat mengikuti TKA online 1 (satu) kali selama satu periode tes (Periode Pendaftaran SMUP). Jika sebelumnya anda mengikuti TKA pada periode sebelumnya dan hasil TKA tersebut masih berlaku (kurang dari 2 tahun sejak keikutsertaan), maka nilai yang digunakan adalah nilai yang anda input ketika melakukan pendaftaran di proses Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP).

    Apakah Pusat Inovasi Psikologi Unpad juga menyelenggarakan Tes Kemampuan Bahasa Inggris (TKBI)?

    Tidak, kami hanya menyelenggarakan Tes Kemampuan Akademik (TKA). Untuk pertanyaan dan informasi diluar pelaksanaan TKA, dapat ditanyakan langsung kepada panitia SMUP melalui Helpdesk di website smup.unpad.ac.id

    Apakah hasil TKA terkoneksi langsung dengan sistem pendaftaran SMUP?

    Hasil TKA peserta akan disampaikan secara langsung kepada panitia SMUP sebagai data verifikasi keaslian nilai yang diterima. Peserta SMUP wajib untuk menginput nilai TKA pada akun pendaftaran masing-masing.

    Mengapa ketika mau mendaftar tidak muncul pilihan tujuan dan jadwal TKA?

    Jika pilihan tujuan dan jadwal tes tidak muncul ketika Anda mendaftar, disebabkan Pusat Inovasi Psikologi Unpad sedang tidak membuka jadwal pelaksanaan TKA atau kuota pendaftaran yang sedang dibuka sudah penuh. Untuk informasi lebih lengkap, silahkan menghubungi PIP Unpad melalui email : pendaftaran@pipunpad.id.

    Mengapa akun tes online tidak aktif?

    Akun peserta untuk melaksanakan tes online baru diaktifkan 15 (lima belas) menit sebelum jadwal pelaksanaan tes yang diikuti. Akun untuk pelaksanaan tes online hanya dapat digunakan 1 (satu) kali dan berstatus tidak aktif setelah pelaksanaan tes online berakhir.

    Mengapa tidak berhasil mengunggah/upload foto, scan KTP, bukti pembayaran, maupun surat pernyataan (informed consent)?

    Kami membatasi besaran file yang diunggah ke sistem pendaftaran online maksimal setiap file berukuran 2 MB. Pastikan file yang diunggah ukuran filenya kurang dari 2 MB. Agar berhasil, anda juga perlu memastikan kembali jaringan internet dalam kondisi stabil saat melakukan unggahan/upload.

Bagikan:

PIP UNPAD

Online
TODAY
Hai, ada yang dapat kami bantu?
© 2023 All rights reserved