TES KEMAMPUAN DASAR SKOLASTIK (TKDS)

Tes Kemampuan Dasar Skolastik atau yang biasa disingkat menjadi TKDS merupakan tes yang mengukur kemampuan kognitif (cognitive ability) yang diperlukan seseorang untuk dapat menyelesaikan tugas pada aktifitas di Pendidikan Tinggi. TKDS sendiri sama dengan Tes Kemampuan Dasar Akademik (TKDA). Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran mengembangkan Tes Kemampuan Dasar Skolastik yang diakui oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, RIset dan Teknologi untuk digunakan dalam proses Sertifikasi Dosen di Indonesia.

Penyelenggaraan TKDS di Universitas Padjadjaran dilakukan oleh Pusat Inovasi Psikologi Universitas Padjadjaran yang dilakukan secara daring (online) dari tempat masing-masing peserta.

MOHON UNTUK MEMBACA DAN MEMAHAMI SELURUH INFORMASI SEBELUM ANDA MELAKUKAN PENDAFTARAN TKDS

Untuk mengikuti Tes Kemampuan Dasar Skolastik (TKDS) Online diperlukan hal-hal sebagai berikut:

  1. Koneksi internet yang stabil selama melakukan pendaftaran maupun selama menjalani proses tes untuk menghindari adanya permasalahan teknis. Mengingat pendaftaran dan tes akan dilakukan di lokasi masing-masing peserta, maka hal-hal yang terkait dengan koneksi internet sepenuhnya akan menjadi tanggung jawab peserta.
  2. Hanya menggunakan perangkat berupa laptop atau desktop dengan sistem operasi Windows (tidak bisa menggunakan sistem operasi IOS / Mac Book) dengan layar berukuran minimal 13 inch dan memiliki fasilitas kamera, microphone dan speaker yang berfungsi dan aktif selama proses tes berlangsung. Kesesuaian perangkat yang digunakan untuk mengikuti TKDS sepenuhnya akan menjadi tanggung jawab peserta.
  3. Memeriksa kesesuaian Laptop / Desktop yang akan Anda gunakan selama proses pengerjaan tes dengan cara mengunduh dan menginstal aplikasi Safe Exam Browser (SEB) dan melakukan Trial menggunakan konfigurasi maksimal 2 (dua) hari sebelum pelaksanaan TKDS. Link instalasi akan diberikan 2 (dua) hari sebelum tes.
  4. Sebelum tes, peserta wajib untuk mengunduh, membaca, serta memahami Petunjuk Pelaksanaan Tes terbaru yang filenya dapat diunduh disini.


Prosedur Pendaftaran

A. Pembuatan Akun Peserta TKDS

  1. Mengakses https://pip.unpad.ac.id/
  2. Pada bagian kanan atas silahkan pilih menu “Login/Daftar”.
  3. Silahkan klik “Daftar Sekarang”.
  4. Anda akan disajikan menu pengisian data diri : silahkan diisi dengan data yang tepat. Mohon dipastikan data yang Anda sudah sesuai dengan diri Anda karena data tersebut yang akan dicantumkan pada sertifikat.
  5. Jika sudah diisi dan dipastikan data Anda benar, silahkan klik “Daftar”.
  6. Anda akan mendapatkan email yang berisi link untuk memverifikasi akun Anda di email yang telah Anda daftarkan dalam data diri. Silahkan buka email tersebut dan lakukan proses verifikasi dengan mengklik link yang dikirimkan. Link verifikasi yang diterima akan nonaktif setelah 3 jam, untuk itu pastikan Anda langsung melakukan verifikasi akun. Jika Anda belum menerima email verifikasi selama lebih dari 12 jam setelah Anda melakukan pembuatan akun silahkan hubungi helpdesk PIP Unpad.
  7. Jika sudah melakukan verifikasi maka proses pembuatan akun sudah selesai dan Anda bisa mulai mendaftarkan diri untuk mengikuti TKDS di Universitas Padjadjaran.



B. Pendaftaran TKDS

  1. Mengakses https://pip.unpad.ac.id/
  2. Pada bagian kanan atas silahkan pilih menu “Login/Daftar”.
  3. Masukkan email dan password yang sudah Anda daftarkan sebelumnya.
  4. Pada bagian Member Area, silahkan pilih Tes Kemampuan Akademik.
  5. Persiapkan dokumen softcopy (file) berupa scan KTP dan Pas Foto dalam format JPEG berukuran maksimal 2MB.
  6. Mengisi data Anda yang dibutuhkan dalam proses pendaftaran termasuk mengupload scan KTP dan Pas Foto.
  7. Pada bagian TUJUAN TES, silahkan pilih "Umum".
  8. Pada DATA INFORMASI TAMBAHAN, di bagian Ket. Tujuan Test. Silahkan dituliskan NIDN/NIP (nomor induk kepegawaian) atau NIK (nomor induk karyawan)/Sertifikasi Dosen (contoh: 111111/222222/Sertifikasi Dosen).
  9. Setelah selesai melakukan pendaftaran, Anda dapat mengunduh tagihan TKDA dengan cara: Masuk ke “Member Area”, kemudian pilih “Download”, disana akan tertera file Tagihan TKDA yang berisi nominal biaya dan nomor rekening tujuannya.
  10. Lakukan pembayaran sesuai dengan petunjuk dan tagihan Anda, kemudian lakukan konfirmasi pembayaran maksimal 1 (satu) hari setelah melakukan pendaftaran. Anda WAJIB melakukan konfirmasi pembayaran agar dapat dilanjutkan pada proses berikutnya. Proses konfirmasi pembayaran, dilakukan dengan cara:
  11. Mengakses https://pip.unpad.ac.id/
  12. Pada bagian kanan atas silahkan pilih menu “Login/Daftar”.
  13. Masukkan email dan password yang sudah Anda daftarkan sebelumnya.
  14. Masuk ke “Member Area”.
  15. Pilih “Status Pendaftaran”.
  16. Pilih “Konfirmasi Pembayaran”.
  17. Silahkan untuk diisi data-data yang dibutuhkan (Pada bagian upload Informed Consent, silahkan upload ulang bukti pembayaran Anda).
  18. Jika sudah melakukan konfirmasi pembayaran dan status peserta Anda berubah menjadi “Menunggu Verifikasi”.Anda dapat menunggu verifikasi dari kami hingga 2 (dua) hari kerja terhitung sejak konfirmasi pembayaran dikirim pada kami.
  19. Peserta hanya dapat mengikuti tes sesuai dengan jadwal yang sudah dipilih pada saat pendaftaran dan tidak diperkenankan untuk melakukan perubahan jadwal (reschedule).
  20. Peserta yang sudah melakukan pembayaran, TIDAK DAPAT menarik biayanya dengan alasan apapun.
  21. Pendaftaran akan ditutup 3 (tiga) hari sebelum tanggal tes dilaksanakan.
  22. Sambil menunggu proses verifikasi, Anda dapat membaca terlebih dahulu Petunjuk Teknis Pelaksanaan TKDS yang dapat Anda unduh disini
  23. Sertifikat akan dikirimkan melalui email 3 (tiga) hari kerja setelah pelaksanaan TKDS.




JADWAL PELAKSANAAN TKDS

Bulan: September 2022


Jenis TesTanggal PendaftaranTanggal Tes
TKDA - ONLINE
1 September 2022 (Pukul 13.00 WIB)
s.d
12 September 2022 (Pukul 18.00 WIB)
15 September 2022
(Pukul 09.00 WIB s.d Selesai)
TKDA - ONLINE1 September 2022 (Pukul 13.00 WIB)
s.d
19 September 2022 (Pukul 18.00 WIB)
22 September 2022
(Pukul 09.00 WIB s.d Selesai)


DOKUMEN PENTING

Petunjuk Teknis Pelaksanaan TKDS (PDF)

Tata Tertib Pelaksanaan TKDS (PDF)



VIDEO TUTORIAL PELAKSANAAN TKDS ONLINE




FAQ (Frequently Asked Questions)

Apa itu Tes Kemampuan Dasar Skolastik (TKDS) ?

Tes Kemampuan Dasar Skolastik atau yang biasa disingkat menjadi TKDS merupakan tes yang mengukur kemampuan kognitif (cognitive ability) yang diperlukan seseorang untuk dapat menyelesaikan tugas pada aktifitas di Pendidikan Tinggi. Tes ini dikembangkan oleh Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran untuk memprediksi kemampuan belajar dan mengajar seseorang dalam konteks menjalani kegiatan sebagai Dosen di Perguruan Tinggi.

Apakah TKA dan TKDS adalah tes yang sama ?

Tidak, TKA dan TKDS adalah tes yang berbeda. TKA diperuntukan untuk seleksi masuk ke perguruan tinggi untuk jenjang Pendidikan Profesi, Spesialis, Magister (S2) dan Doktoral (S3), sedangkan TKDS diperuntukan untuk kegiatan Sertifikasi Dosen. Dikarenakan tujuan yang berbeda maka materi tesnya pun berbeda.

Apakah TKDS dan TKDA adalah tes yang sama ?

Betul. TKDS dan TKDA adalah jenis tes yang sama. TKDS merupakan tes yang telah diakui oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi sebagai bagian dari proses Sertifikasi Dosen.


Kapan jadwal pelaksanaan TKDS ?

Informasi jadwal pelaksanaan TKDS Anda dapat lihat pada Halaman Pendaftaran bagian Waktu Pelaksanaan TKDS

Kapan hasil TKDS akan didapatkan ?

Hasil TKDS akan kami kirimkan melalui email setelah 3 (tiga) hari kerja dari tanggal pelaksanaan TKDS.

Berapa lama proses pelaksanaan TKDS ?

TKDS terdiri dari beberapa subtes. Setiap subtes memiliki batas waktu pengerjaan masing-masing. Total waktu pelaksanaan TKDS ialah 160 (seratus enam puluh) menit terhitung sejak peserta berhasil masuk ke dalam ruangan tes online

Berapa lama hasil TKDS berlaku ?

Hasil TKDS yang didapatkan berlaku selama 2 (dua) tahun terhitung sejak tanggal pelaksanaan tes. Jika hasil TKDS telah lewat dari masa berlaku yang telah ditentukan, maka tidak dapat dipergunakan kembali untuk tujuan apapun.

Bagaimana jika terjadi kesalahan data diri di sertifikat hasil TKDS online (E-Sertifikat) ?

Seluruh data diri peserta TKDS yang telah diinput pada saat melakukan pendaftaran, sepenuhnya menjadi tanggung jawab peserta. Kami tidak akan melakukan perubahan pada data diri yang telah diinput oleh peserta. Peserta diwajibkan memastikan kebenaran data diri yang telah diinput pada formulir pendaftaran online sebelum pelaksanaan tes.

Mengapa ketika mau mendaftar tidak muncul atau tidak bisa memilih pilihan tujuan dan jadwal TKDS ?

Jika pilihan tujuan dan jadwal tes tidak muncul ketika Anda mendaftar, disebabkan Pusat Inovasi Psikologi Unpad sedang tidak membuka jadwal pelaksanaan TKDS atau kuota pendaftaran yang sedang dibuka sudah penuh.

Apa yang harus dipersiapkan untuk pelaksanaan TKDS ?

Peserta wajib mengunduh dan membaca Petunjuk Teknis Pelaksanaan TKDS dan Tata Tertib Pelaksanaan TKDS dengan seksama yang dapat Anda unduh disini

Kapan pendaftaran TKDS ditutup ?

Pendaftaran akan ditutup 3 (hari) hari sebelum tanggal tes dilaksanakan.


Apa saja yang harus dipersiapkan saat proses verifikasi ketika tes?

Mohon persiapkan diri Anda paling lambat 30 (tiga puluh) menit sebelum waktu tes dimulai. Pastikan Anda dapat menunjukan kartu identitas asli seperti KTP, SIM, atau Passport.

Jika memiliki pertanyaan, harus bertanya kemana ?

Untuk info lebih lanjut dapat Anda tanyakan melalui:
Helpdesk TKDS PIP Unpad:
Email: pendaftaran@pipunpad.id (Subject: Info TKDS)
Whatsapp (Chat Only): 08112484388
Senin – Jumat, 09.00 – 15.30 WIB


Bagikan:

PIP UNPAD

Online
TODAY
Hai, ada yang dapat kami bantu?
© 2022 All rights reserved