Mindful Games

Oleh : Izza Imania, M.Psi., Psikolog

Dalam situasi pandemik Covid-19, seluruh dunia melakukan gerakan #StayAtHome atau #DiRumahAja, termasuk di Indonesia. Kondisi ini membuat Ayah, Ibu, serta anak-anak harus tinggal dan melakukan seluruh aktivitas di rumah. Banyaknya paparan berita mengenai kondisi pandemik seringkali membuat Ayah dan Ibu merasa cemas atau takut. Ketika berada di rumah, perasaan Ayah dan Ibu pun sangat mungkin dirasakan oleh anak. Anak juga dapat ikut merasakan kecemasan, apalagi cukup banyak perubahan dan penyesuaian yang membuat anak tidak bisa beraktivitas di luar rumah sehingga rentan dilanda kebosanan.

Kegiatan apa yang dapat Ayah dan Ibu lakukan untuk membantu anak tetap tenang selama berada di rumah? Kegiatan bermain bersama merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan. Tentunya cara ini juga pasti akan lebih disukai anak, karena dunia anak adalah dunia bermain. Ada berbagai teknik permainan yang dapat diterapkan di rumah, salah satunya adalah Mindful Games.

Mindful Games adalah permainan yang mengacu pada teknik Mindfulness. Mindfulness merupakan suatu kondisi saat kita sadar sepenuhnya terhadap sesuatu yang kita pikirkan, rasakan, dan kerjakan, serta sadar pada kondisi yang terjadi di sekitar kita saat ini (Goldie, 2011). Mindful Games dapat dilakukan oleh Ayah, Ibu, dan anak di rumah untuk menjaga pikiran tetap fokus serta mengendalikan emosi dan perilaku. Berikut beberapa permainan dalam Mindful Games :

Mindful Listening

Permainan ini melibatkan indra pendengaran. Segala jenis permainan yang melibatkan bunyi dan musik dapat dilakukan. Kumpulkan beberapa benda yang ada di rumah, mintalah anak memejamkan mata, dan lakukan sesuatu agar mengeluarkan bunyi. Misalnya: ketuk-ketukkan pensil pada benda keras, meremas kertas, melempar koin ke lantai, atau memukul-mukul meja, kemudian minta anak menebak bunyi tersebut. Permainan lainnya misalnya menebak bunyi hewan, alat musik, bisikan, dan sebagainya.

Mindful Seeing

Permainan ini melibatkan indra penglihatan. Untuk anak usia pra sekolah, kumpulkan benda – benda yang tampak sama misalnya daun, bunga, atau bebatuan di dalam kotak. Minta anak memilih satu benda dalam kotak tersebut dan melihat bentuk dan warnanya. Masukan kembali benda tersebut ke dalam kotak kemudian tumpahkan isi kotak di lantai, dan minta anak mencari benda yang ia pilih sebelumnya. Permainan lain untuk anak usia Sekolah Dasar, misalnya Ayah, Ibu, dan anak duduk di halaman, kemudian minta anak memilih satu benda tanpa menyebutkan nama bendanya. Minta anak memejamkan mata kemudian mendeskripsikan benda yang ia lihat sebelumnya untuk ditebak oleh anggota keluarga lain. Bermainlah secara bergantian.

Mindful Smelling

Permainan ini melibatkan indra penciuman. Permainan yang melibatkan indra penciuman misalnya menebak berbagai aroma makanan, tanaman, bumbu, dan rempah dengan mata tertutup. Selain itu, pada waktu makan, orang tua dapat mengajak anak mencium makanan yang akan mereka makan sebelum memasukannya ke dalam mulut.

Mindful Tasting

Permainan ini melibatkan indra perasa. Permainan yang melibatkan indra perasa misalnya mencoba makanan baru. Minta anak memperhatikan bentuk makanan lebih dulu kemudian memasukannya ke dalam mulut. Minta anak merasakan dan mendeskripsikan rasanya. Selain itu, mencoba beragam makanan yang memiliki rasa asin, manis, asam, pahit, pedas, tekstur renyah, kenyal, atau yang lainnya juga termasuk ke dalam permainan ini.

Mindful Touching

Permainan ini melibatkan indra peraba. Segala aktivitas yang menggunakan perabaan kulit termasuk ke dalam jenis permainan ini. Contohnya seperti mengenal berbagai tekstur misalnya halus, kasar, lembut, dengan menggunakan sentuhan tangan. Memegang benda yang berpasir, lengket, cair, berbulu atau elastis adalah variasi aktivitas dalam permainan ini. Anak bisa mencoba menebak nama benda sesuai tekstur yang ia rasakan di kulitnya. Selain itu, berpelukan antara anggota keluarga juga dapat dilakukan dan akan sangat menyenangkan!

Mindful Movement

Permainan ini melibatkan gerakan dan sensasi tubuh yang dirasakan. Misalnya, minta anak untuk bergerak sesuka hati seperti menari, melompat, berlari, atau berputar. Kemudian minta mereka duduk diam sejenak. Minta mereka merasakan debaran jantung saat sebelum dan setelah bergerak. Kemudian ajak mereka untuk sama sama merasakan debaran jantung melambat seiring mereka mengatur nafas dan menenangkan diri. Permainan seperti bergerak lalu berhenti, menari dengan diiringi musik, bermain keseimbangan, yoga, dan olah raga dapat masuk ke dalam jenis permainan ini.

Begitulah jenis-jenis permainan yang mampu membuat orang tua dan anak tetap mindful  di tengah pandemik Corona yang sedang terjadi. Selain itu, permainan ini akan membantu anak merasa senang dan tenang meskipun harus terus berada di dalam rumah. Permainan ini sangat mudah dan dapat digunakan dengan alat-alat yang kita temui sehari-hari. Jadi, yuk kita coba!

Sumber: Hawn, Goldie. 10 Mindful Minutes : Giving Our Children – and Ourselves – The Social and Emotional Skills to Reduce Stress and Anxiety for Healthier, Happier Lives. 2011. Rutledge Production Inc.: United States of America.

Bagikan:
Posted on 24 May 2020 under Artikel.

PIP UNPAD

Online
TODAY
Hai, ada yang dapat kami bantu?
© 2022 All rights reserved