Asesmen Psikologi Online Seleksi Program Pendidikan Dokter Spesialis-1 & 2 (PPDS-1 & PPDS-2) dan Kedokteran Layanan Primer (KLP) Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran

Pusat Inovasi Psikologi Universitas Padjadjaran (PIP UNPAD) menyelenggarakan Asesmen Psikologi Online untuk memenuhi salah satu persyaratan khusus Peserta dalam Seleksi Program Pendidikan Dokter Spesialis-1 (PPDS-1), Program Pendidikan Dokter Spesialis-2 (PPDS-2) dan Kedokteran Layanan Primer (KLP) Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Gelombang II Tahun Akademik 2021/2022. Asesmen Psikologi Online yang dilakukan mencakup pelaksanaan Psikotes dan Wawancara secara daring/online.

PENDAFTARAN ASESMEN PSIKOLOGI ONLINE SELEKSI PROGRAM PENDIDIKAN DOKTER SPESIALIS-1 (PPDS-1), PROGRAM PENDIDIKAN DOKTER SPESIALIS-2 (PPDS-2) dan KEDOKTERAN LAYANAN PRIMER (KLP) FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS PADJADJARAN GELOMBANG II TAHUN AKADEMIK 2021/2022 TELAH DIBUKA DARI TANGGAL 8 NOVEMBER 2021

Untuk mengikuti Asesmen Psikologi Online dalam Seleksi Program Pendidikan Dokter Spesialis-1 & 2 (PPDS-1 & PPDS-2) dan Kedokteran Layanan Primer (KLP) Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran diperlukan hal-hal sebagai berikut:

  1. Koneksi jaringan internet yang stabil selama melakukan pendaftaran maupun ketika menjalani proses Asesmen Psikologi Online, untuk menghindari adanya permasalahan teknis. Koneksi jaringan internet yang diharapkan ialah minimal 10 Mbps dan stabil selama pengetesan. Mengingat proses pendaftaran dan pelaksanaan Asesmen Psikologi Online dilakukan di lokasi masing-masing peserta, maka hal-hal yang terkait dengan koneksi jaringan internet, sepenuhnya menjadi tanggung jawab peserta.
  2. Menggunakan perangkat berupa laptop atau desktop dengan sistem operasi Windows (tidak bisa menggunakan sistem operasi IOS / Mac Book) dengan layar berukuran minimal 13 inch serta fasilitas camera, microphone, dan speaker (dapat menggunakan headset atau earphone) yang berfungsi dan aktif selama proses Asesmen Psikologi Online berlangsung. Kesesuaian perangkat yang digunakan untuk mengikuti Asesmen Psikologi Online sepenuhnya akan menjadi tanggung jawab peserta.
  3. Memeriksa kesesuaian Laptop / Desktop yang akan Anda gunakan selama proses pengerjaan tes dengan cara mengunduh dan menginstal aplikasi Safe Exam Browser (SEB) dan melakukan Trial/Simulasi sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Email yang berisi link instalasi dan petunjuk/informasi trial/simulasi tes akan diberikan 2 (dua) hari sebelum pelaksanaan Asesmen Psikologi Online.
  4. Sebelum mengikuti Asesmen Psikologi Online, peserta wajib mengunduh, membaca, serta memahami Petunjuk Teknis Pelaksanaan yang dikirimkan kepada peserta melalui email bersamaan dengan konfigurasi untuk Trial/Simulasi. Pertanyaan terkait Petunjuk Teknis dapat disampaikan melalui email pendaftaran@pipunpad.id atau whatsapp ke 0813-2143-7778 (chat only, work hours) dengan subjek : INFO TEKNIS PPDS.

Prosedur Pendaftaran dan Pelaksanaan Asesmen Psikologi Online PPDS-1 & DLP Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran:

  1. Membaca dan Memahami Prosedur Pendaftaran Asesmen Psikologi Online PPDS-1, PPDS-2 & KLP Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran.
  2. Mengakses pendaftaran di LINK.
  3. Membuat Akun Pendaftaran.
  4. Login menggunakan alamat email dan password sesuai Akun Pendaftaran di website PIP Unpad.
  5. Pilih Menu “Asesmen Psikologi Online”.
  6. Peserta membaca dan mencermati “Tata Cara Mendaftar”.
  7. Memeriksa kembali ketepatan identitas pada bagian “Data Registrasi Anda”.
  8. Pada bagian Data Informasi Tambahan, silakan mengisi data yang dibutuhkan yakni NIK (Kartu Tanda Penduduk atau Surat Ijin Mengemudi atau Passport) dan Program Studi sesuai Pilihan Pertama. Bagian Tujuan Asesmen dipilih dengan : SELEKSI PPDS-1, PPDS-2 & KLP UNPAD.
  9. Persiapkan dokumen softcopy (file) berupa scan Identitas Asli (KTP) dan pas foto berwana. File berbentuk .JPG dengan ukuran file maksimal 2 MB.
  10. Mengisi data pendaftaran dan melakukan upload softcopy scan KTP dan pas foto berwarna.
  11. Setelah mengisi data informasi dengan benar, peserta dapat mengunduh Nomor Tagihan pada bagian DOWNLOAD. Disana telah tertera nomor rekening untuk peserta melakukan pembayaran mengikuti kegiatan Asesmen Psikologi Online.
  12. Melakukan proses pembayaran sesuai nomor tagihan dan mengisi bagian Konfirmasi Pembayaran pada bagian STATUS PENDAFTARAN.
  13. Peserta melakukan Konfirmasi Pembayaran maksimal 1 (satu) hari setelah melakukan pendaftaran. Unggah bukti pembayaran dalam format .JPG dengan ukuran file maksimal 2 MB. Pada bagian Upload Riwayat Hidup dan Informed Consent, silahkan anda mengupload ulang bukti pembayaran (tidak perlu mengupload Riwayat Hidup dan Informed Consent).
  14. Dibutuhkan waktu verifikasi maksimal 2 (dua) hari setelah Peserta melakukan Konfirmasi Pembayaran. Status Peserta berubah menjadi Terdaftar, jika semua data dan file yang Peserta unggah telah lengkap.
  15. Setelah status Terdaftar, Peserta dapat mengunduh dan mencetak Kartu Peserta pada menu DOWNLOAD di dashboard akun pendaftaran masing-masing.
  16. Setelah status Terdaftar, Peserta akan dikirimkan email berisi informasi mengenai Petunjuk Teknis Pelaksanaan Asesmen Psikologi Online dan Konfigurasi Trial/Simulasi Tes. Harap melakukan Trial/Simulasi sesuai dengan waktu yang tertera di email Anda untuk memastikan kelancaran dalam menjalani proses Asesmen Psikologi Online. Kendala yang dialami selama proses asesmen yang diakibatkan oleh peserta tidak mengikuti Trial/Simulasi sepenuhnya menjadi tanggung jawab peserta.
  17. Peserta hanya diperkenankan mendaftarkan diri dan mengikuti Asesmen Psikologi Online sebanyak 1 (satu) kali selama satu periode/gelombang Tahun Akademik 2021/2022.
  18. Memeriksa dan memastikan jadwal pelaksanaan Asesmen Psikologi Online dan sesuaikan dengan zona waktu tempat Peserta melakukan Asesmen (Zona Waktu Tes selalu Waktu Indonesia Barat)
  19. Persiapkan diri paling lambat 30 (tiga puluh) menit sebelum pelaksanaan Asesmen Psikologi dimulai. Peserta menunjukkan Kartu Identitas asli (KTP) serta Kartu Peserta ketika proses verifikasi oleh Pengawas sebelum Asesmen Psikologi dimulai.
  20. Peserta yang tidak mengikuti Asesmen Psikologi Online sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, dengan alasan apapun tidak dapat mengajukan perpindahan jadwal atau menarik kembali pembayaran yang telah dilakukan.
  21. Informasi lebih lanjut mengenai pelaksanaan Asesmen Psikologi Online Seleksi PPDS-1, PPDS-2 & KLP Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, peserta dapat melakukan korespondensi melalui email ke alamat : pendaftaran@pipunpad.id atau whatsapp ke 0813-2143-7778 (chat only, work hours) dengan subjek : INFO PPDS.

Dokumen Penting

Petunjuk Teknis Pelaksanaan Asesmen Psikologi Online



Jadwal Pelaksanaan Asesmen Psikologi Online

Seleksi PPDS-1, PPDS-2 dan KLP

Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran


BATCH

TANGGAL PENDAFTARAN

TANGGAL TES

VI25 November - 1 Desember 2021Sabtu, 4 Desember 2021
VII25 November - 5 Desember 2021Rabu, 8 Desember 2021
VIII25 November - 8 Desember 2021Sabtu, 11 Desember 2021
IX25 November - 12 Desember 2021Rabu, 15 Desember 2021
X25 November - 15 Desember 2021Sabtu, 18 Desember 2021
Susulan20 Desember 2021 - 2 Januari 2022Rabu, 5 Januari 2022



Video Tutorial Pelaksanaan Asesmen Psikologi Online




FREQUENTLY ASKED QUESTION (FAQ)


Kapan jadwal pelaksanaan Asesmen Psikologi Online Seleksi PPDS-1, PPDS-2 & KLP Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Tahun Akademik 2021/2022 ?

Informasi mengenai jadwal pelaksanaan Asesmen Psikologi Online PPDS-1, PPDS-2 & KLP Unpad dapat dilihat pada laman pendaftaran dan dashboard peserta bagian Pendaftaran (Waktu Pelaksanaan) ketika Anda mendaftar.

Berapa biaya Asesmen Psikologi Online Seleksi PPDS-1, PPDS-2 & KLP Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Tahun Akademik 2021/2022?

Biaya mengikuti Asesmen Psikologi Online sebesar Rp. 550.000,-/peserta. Pembayaran dilakukan setelah Anda mendapatkan nomor tagihan di bagian Download setelah melakukan proses pendaftaran.

Berapa lama proses pelaksanaan Asesmen Psikologi Online Seleksi PPDS-1, PPDS-2 & KLP Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Tahun Akademik 2021/2022?

Anda mengikuti rangkaian kegiatan Asesmen Psikologi Online dalam 1 (satu) hari pelaksanaan. Sesi pertama pelaksanaan Psikotes online dimulai jam 08.00 – 11.00 (Anda diharapkan telah siap 30 menit sebelum pelaksanaan), kemudian dilanjut sesi kedua yakni wawancara online sesuai jadwal yang akan disampaikan PIP Unpad. Petunjuk teknis pelaksanaan dan jadwal lengkap wawancara psikologi, akan diinformasikan melalui email ke setiap peserta setelah pendaftaran resmi ditutup atau paling lambat H-1 sebelum pelaksanaan Asesmen.

Kapan hasil Asesmen Psikologi Online Seleksi PPDS-1, PPDS-2 & KLP Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran didapatkan?

Hasil laporan Asesmen Psikologi Online tidak akan diberikan langsung kepada Peserta. Laporan akan disampaikan oleh PIP Unpad kepada Panitia Seleksi PPDS-1, PPDS-2 & KLP Unpad Tahun Akademik 2021/2022, yang digunakan sebagai sebagai salah satu persyaratan khusus dalam proses seleksi.

Apakah saya dapat mendapatkan hasil Asesmen Psikologi Online Seleksi PPDS & KLP Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran?

Sesuai kesepakatan dengan Panitia Seleksi PPDS-1, PPDS-2 & KLP Fakultas Kedokteran Unpad, Anda tidak diperbolehkan untuk meminta hasil laporan dalam bentuk apapun kepada PIP Unpad. Keputusan terkait penerimaan Peserta dalam seleksi ini, sepenuhnya ditentukan oleh Panitia Seleksi PPDS-1, PPDS-2 & KLP Fakultas Kedokteran Unpad.

Apakah saya perlu berlatih Asesmen Psikologi (Psikotes) dulu sebelum mengikuti asesmen yang sebenarnya?

Pada dasarnya Anda tidak perlu melakukan persiapan khusus apapun. Istirahat yang cukup sebelum hari pelaksanaan Asesmen Psikologi, serta mempersiapkan dan memeriksa kelengkapan yang akan digunakan. Memahami serta mengikuti semua petunjuk dan aturan yang disampaikan oleh PIP Unpad dapat membantu kelancaran Anda dalam melaksanakan Asesmen ini.

Apakah saya dapat mengikuti pelaksanaan Asesmen Psikologi Online Seleksi PPDS-1, PPDS-2 & KLP Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran lebih dari 1 (satu) kali?

Anda hanya diperkenankan untuk mengikuti Asesemen Psikologi Online 1 (satu) kali dalam rentang periode/gelombang Tahun Akademik yang sama.

Apakah saya dapat melakukan Asesmen Psikologi Online untuk Seleksi PPDS-1, PPDS-2 & KLP Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran tanpa melakukan pendaftaran SMUP?

Asesmen Psikologi Online ini hanya dapat digunakan untuk keperluan Seleksi masuk PPDS-1, PPDS-2 & KLP Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Tahun Akademik 2021/2022 dan tidak berlaku untuk tujuan yang lain. Anda perlu melakukan pembelian formulir SMUP terlebih dahulu, serta melakukan pendaftaran sampai batas waktu akhir pendaftaran agar hasil asesmen psikologi ini dapat digunakan.

Apakah saya dapat melakukan pendaftaran Asesmen Psikologi Online untuk Seleksi PPDS-1, PPDS-2 & KLP Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran meskipun belum memiliki hasil Tes Kemampuan Akademik (TKA)?

Anda tetap dapat mengikuti Asesmen Psikologi Online walaupun belum mendapatkan hasil TKA. Anda hanya perlu membuat Akun di website PIP Unpad dan mengikuti tata cara/prosedur pendaftaran yang telah ditentukan.

Mengapa tidak muncul pilihan atau memilih jadwal asesmen ketika melakukan pendaftaran untuk Seleksi PPDS-1, PPDS-2 & KLP Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran?

Jika Anda tidak dapat menemukan atau memilih jadwal Asesmen Psikologi Online untuk Seleksi PPDS-1, PPDS-2 & KLP Unpad, maka dapat dipastikan saat itu PIP Unpad sedang tidak membuka jadwal pelaksanaan atau kuota peserta telah terpenuhi. Untuk mendapatkan informasi dan melakukan konfirmasi terkait jadwal pelaksanaan, Anda dapat menghubungi PIP Unpad melalui email : pendaftaran@pipunpad.id dengan subjek : INFO PPDS.

Mengapa Akun Pendaftaran saya dibatalkan, padahal saya telah melakukan proses transfer dan pembayaran ke nomor tagihan yang diberikan?

Akun pendaftaran secara otomatis berubah status menjadi Dibatalkan ketika Anda melebihi batas waktu akhir Konfirmasi Pembayaran. Sesuai prosedur, Anda harus melakukan Konfirmasi Pembayaran maksimal 1 (satu) hari setelah Anda mendapatkan nomor ujian. Sebelum status Anda berubah menjadi dibatalkan, terlebih dahulu sistem kami akan mengirimkan email reminder batas akhir konfirmasi pembayaran.

Apakah saya dapat mengubah pilihan jadwal asesmen atau wawancara setelah melakukan pendaftaran?

Setelah akun Anda telah terverifikasi oleh PIP Unpad, maka Anda tidak dapat melakukan perubahan pilihan jadwal maupun memohon langsung untuk perubahan jadwal kepada PIP Unpad. Jadwal Anda telah tercatat dalam sistem sesuai pilihan pertama ketika melakukan proses pendaftaran. Ketidakhadiran Anda pada jadwal yang telah ditentukan, dianggap sebagai pengunduran diri atau pembatalan keikutsertaan.

Mengapa saya tidak berhasil melakukan unggah foto, KTP dan bukti pembayaran?

PIP Unpad membatasi besaran file yang diunggah peserta ke dalam sistem pendaftaran online maksimal berukuran 2 MB. Selain memastikan file yang akan Anda unggah sesuai kriteria yang kami sampaikan, Anda juga perlu memastikan kembali jaringan internet dalam kondisi stabil saat melakukan unggah ke dalam sistem.

Apa yang harus saya lakukan jika status pendaftaran sudah menjadi Terdaftar?

Jika Anda telah melakukan konfirmasi pembayaran dan status Anda dinyatakan Terdaftar, berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan hingga H-1 dari jadwal tes:

1. Mengunduh dan mencetak Kartu Peserta (unduhan tersedia di menu Download)

2. Mengikuti trial/simulasi sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Ketika melakukan trial/simulasi, Anda akan diminta untuk mengisi form:

    a. Informed Consent

    b. Riwayat Hidup

    c. Form Isian Individual

    d. Tes Kesehatan Mental

    Pastikan Anda mengisi keseluruhan form di atas dengan lengkap.

3. Membaca dan mengikuti dengan baik petunjuk teknis yang telah disampaikan, dan mempersiapkan perangkat serta jaringan internet sesuai ketentuan pelaksanaan Asesmen Psikologi Online

Mengapa saya tidak dapat mendapatkan email terkait dengan file konfigurasi untuk mengikuti Asesmen Psikologi Online?

File konfigurasi untuk pelaksanaan tes Asesmen Psikologi Online sama dengan yang digunakan pada saat Anda mengikuti trial/simulasi namun baru akan aktif untuk mengikuti tes pada hari pelaksanaan. Kami hanya akan mengirimkan 1 (satu) kali email yang berisi file konfigurasi. Pastikan untuk melakukan trial/simulasi sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan untuk memastikan perangkat Anda dapat digunakan pada saat Asesmen Psikologi Online sesungguhnya.


Bagikan:

PIP UNPAD

Online
TODAY
Hai, ada yang dapat kami bantu?
© 2022 All rights reserved